Minggu, 26 April 2020

Mengenal fitur Hill Start Assist

Mengemudi mobil dijalan tanjakan dengan kondisi lalu lintas yang macet memang aga sedikit merepotkan.

Memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas disaat bersamaan sambil menjaga agar mobil tidak mundur tidaklah semudah yang dibayangkan, apalagi bagi yang belum terbiasa.

Oleh karena itu, muncullah teknologi yang dapat membantu pengemudi ketika menghadapi situasi tersebut diatas. Pada kendaraan, fitur ini kerap dikenal dengan sebutan Hill Start Assist (HSA).

Ya, fitur Hill Start Assist ini (HSA) ini adalah fitur tambahan yang berfungsi untuk mencegah mobil berjalan mundur dengan sendirinya ketika kita memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas untuk beberapa saat.

 dengan kondisi lalu lintas yang macet memang aga sedikit merepotkan Mengenal fitur Hill Start Assist

Pada saat kita mulai memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas, maka sistem pada fitur Hill Start Assist ini akan tetap menjaga rem untuk tetap aktif dan mengunci selama beberapa detik sehingga mobil tidak bergerak mundur.

Teknologi ini pada awalnya hanya diterapkan pada mobil-mobil mahal kelas menengah keatas. Namun, seiring dengan kebutuhan pasar, fitur ini sudah mulai ramai di temukan pada mobil-mobil keluaran terbaru seperti contohnya pada mobil Daihatsu Terios, Toyota Rush, Mitsubshi Xpander , dan lain-lain yang biasanya ada pada tipe-tipe tertentu saja.


Cara kerja Hill Start Assist


 dengan kondisi lalu lintas yang macet memang aga sedikit merepotkan Mengenal fitur Hill Start Assist

Fitur Hill Start Assist ini biasanya hanya dimiliki oleh kendaraan-kendaraan yang minimal sudah memiliki fitur ABS (Antilock Braking System) pada sistem pengeremannya.

Seperti sudah diketahui bahwa sistem rem dengan ABS ini sudah menggunakan komputer untuk mengatur tekanan minyak rem guna mengatur pengereman pada roda.

Ya, Hill Start Assist ini memiliki prinsip kerja yang juga tergolong sama dengan sistem ABS, namun berbeda cara dan waktu kerjanya.

Hill Start Assist memiliki sensor yang akan memantau tingkat kemiringan pada bodi depan kendaraan, tekanan pada pedal rem, serta beberapa kondisi lainnya yang sudah di tentukan pihak pabrikan.

Ketika terdeteksi mobil dalam posisi menanjak, pedal rem sudah ditekan selama beberapa waktu serta kondisi lainnya yang terpenuhi, maka fitur Hill Start Assist ini langsung aktif.

Sehingga, ketika pedal rem dilepas dan kaki berpindah ke pedal gas, maka fitur Hill Start Assist ini akan mempertahankan tekanan pada minyak rem selama beberapa detik agar mobil tidak bergerak mundur.